10 Ide Unik Menggunakan Story Maps

2409
0
01-31-2018 12:43 AM
SuriatiSuriati
New Contributor III
0 0 2,409

Lazimnya peta hanya akan digunakan sebagai penunjuk arah jalan, bahkan hanya beberapa orang yang menggunakannya untuk kebutuhan lain. Berikut adalah 10 ide unik yang bisa dilakukan dengan peta melalui aplikasi Esri Story Maps

Presentasi dan Rapat

  Esri Story Maps adalah salah satu cara yang unik dan menarik untuk menyampaikan presentasi dalam rapat.                  Anda tidak perlu beralih dari Microsoft PowerPoint ke peta atau aplikasi secara berulang kali. Melalui opsi slides              PowerPoint, Anda bisa dengan mudah melakukan ekspor PowerPoint dan menggunakannya di Story Maps.

  Perkenalan Staff

  Gunakan Story Maps untuk memperkenalkan staff Anda kepada publik. Peta yang digunakan dapat                            menampilkan informasi mengenai latar belakang staff dan profil perusahaan Anda.

  Promosi Acara

  Curi perhatian peserta di acara Anda dengan menggunakan Story Maps dan persilakan peserta untuk mengeksplor        mengenai venue atau acara yang ditawarkan. Anda dapat melampirkan Story Maps ini ke dalam website acara                Anda.

  Menampilkan Hasil Proyek atau Aktivitas Bisnis

  Story Maps dapat digunakan untuk menampilkan aktivitas bisnis atau proyek Anda di sektor privat maupun dalam          organisasi publik atau umum.

  Laporan Tahunan Interaktif

  Laporan tahunan adalah sebagai media untuk menyampaikan ringkasan kegiatan dari sebuah bisnis atau sebuah          organisasi selama satu tahun. Dengan menggunakan Story Maps, Anda dapat membuat laporan yang mampu                menampilkan peta dan berbagai media yang beragam.

  Media Pengajaran

  Story Maps, khususnya Story Map Journal app, adalah pilihan yang bagus jika Anda memiliki banyak peta dengan          media yang banyak juga. Anda dapat dengan mudah menyusun topik menjadi beberapa bagian dan melihatnya              secara berurutan.

  Surat Riwayat Hidup

  Perkenalkan diri Anda menggunakan Story Maps agar terlihat interaktif dan menarik! Ini merupakan salah satu cara        dimana seorang  professional GIS dapat menampilkan hasil kerja GISnya melalui peta interaktif.

  Alat Penghubung Masyarakat yang Efektif

  Saat ada kegiatan Pemilu, para calon dapat memperoleh informasi dari Story Maps. Selain itu, organisasi amal              dalam menjangkau masyarakat untuk mengumpulkan pendukung juga dapat menggunakan Story Maps.

  Dashboard untuk Menampilkan Kondisi Terkini

  Dashboard menyediakan informasi yang informatif termasuk live feeds, untuk menampilkan kondisi atau acara                terkini. Story Maps dapat menampilkan ringkasan mengenai kondisi terkini itu.

  Atlas Dinamis

  Umumnya kita mengenal atlas tradisional yang berbentuk buku, namun dengan menggunakan Story Maps, atlas            dapat ditampilkan secara dinamis, serta tersedia kolom untuk menambahkan atlas dengan teks dan media interaktif.

Ada banyak sekali cara untuk menggunakan Aplikasi Esri Story Maps yang dapat disesuaikan dengan presentasi, cara berkomunikasi dan kebutuhan visualisasi Anda. Gunakan saran-saran ini sebagai inspirasi Anda untuk berkreasi menggunakan Story Maps. Kunjungi Story Maps Gallery untuk melihat koleksi dan contoh lainnya.

Sources:

http://www.esri.com/esri-news/arcuser/spring-2016/ten-surprising-and-useful-ways-to-use-story-maps

https://esriid.maps.arcgis.com/apps/MapTour/index.html?appid=32285b7982284e7d98d2ab33062eee3d&webmap...

 

by: Arsha Yuditha Amiranti