Troubleshoot: Error 001369 Packaging succeeded, but publishing failed.

847
0
04-02-2018 02:29 AM
ArshaYuditha_Amiranti
Occasional Contributor
0 0 847

Untuk teman-teman ArcNesian, pasti pernah mengalami error seperti diatas. Jangan panik! Secara umum, hal yang menyebabkan error ini muncul adalah:

1. Publishing service is not started

2. Permissions 

3. Bad data connections

4. Lack of Memory/too many ArcSOC processes

Seperti biasa, ketika muncul error apapun Server Logs akan dengan senang hati memberitahu ArcNesian tentang apa yang sedang terjadi. Hal ini adalah tahapan pertama investigasi untuk mengetahui tahapan troubleshooting seperti apa yang cocok untuk dilakukan.

Server Logs dapat diakses di https://yourwebadaptorname.domain.com/webadaptorname/manager lalu pilih Logs. Lakukan query dengan memilih filter Verbose dan bacalah pesan yang muncul.

*Note: untuk kondisi tertentu, misalnya untuk pengecekan rutin Log Filter dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk detilnya mengenai log level dapat dibaca di link ini.

Selain mengecek Server Logs, juga perlu diperhatikan jumlah ArcSOC.exe yang dihasilkan di Start>Task Manager> pilih tab Processes. Apabila jumlahnya banyak, artinya service yang dimiliki juga banyak, yang berujung pada kapasitas memori Anda. Bisa jadi sebetulnya ini hanyalah masalah memori, yang artinya permasalahan ini akan kerap terjadi!

1. Publishing service is not started

Cek publishing service apakah status nya Started atau Stopped. Jika kondisinya sudah Started, maka lakukan proses Restart, dengan cara klik Stop lalu klik Start kembali.

2. Permissions

Cek permissions di Services kamu, Start>Services. Lihatlah pada kolom Log On As

Jika:

a. Tertulis ".\username", maka ArcGIS Server dijalankan menggunakan local account

Local account adalah akun yang hanya ada atau terdaftar pada mesin tersebut. Sehingga akun ini hanya akan ada pada mesin ArcGIS Server.

b. Tertulis "DOMAIN\username", maka ArcGIS Server dijalankan menggunakan domain account

Domain account adalah akun yang ada pada windows domain. Contohnya ESRIID\username adalah domain account, karena hanya ada pada domain ESRIID.

Akun yang ada harus memiliki akses untuk ketiga folder direktori ini:

1. c:\Python27

2. c:\arcgisserver

3. c:\Program Files\ArcGIS\Server

Klik kanan pada folder ini, lalu pilih tab Security, tambahkan ArcGIS Account tersebut dengan cara klik Add, lalu cari username tersebut.

Periksa juga, apakah memungkinkan untuk melakukan publishing? Lihat kompleksitasnya, apakah yang tidak berhasil hanya file yang memiliki kompleksitas data yang tinggi? Karena bisa jadi ini disebabkan oleh jumlah instances yang tidak mencukupi.

3. Cek data

Apakah mxd file kamu corrupted? Jika ya, buatlah mxd file baru. Alternatif lain, bisa juga menggunakan MXD Doctor untuk memperbaiki mxd file kamu.

Melakukan register ulang datastore saat publishing.

Note: Langkah ini berpotensial menurunkan banyak services dan merusak data reference.

4. Pengecekan memori

Cek jumlah "ArcSOC.exe" pada command prompt, dengan menuliskan command: tasklist | find "ArcSOC.exe" /c

1. Jika jumlahnya melebihi dari 200, ini tidak baik. 

When a large number of web service instances are running on an ArcGIS for Server machine (e.g., about 200 or more) in a Windows environment, the ArcGIS Server may fail to publish new or start existing services. The existing hardware resources appear adequate to support instantiating additional service instances including having enough physical and virtual memory available (see http://support.esri.com/en/Technical-Article/000001218)

2. Apabila ditemui jumlah service melebihi dari 200 maka sebaiknya:

a. Mengatur nilai minimum of instance untuk service yang jarang digunakan menjadi '0'.

b. Stop seluruh service yang jarang digunakan.

c. Mengatur nilai maximum of instance untuk service yang tidak terlalu populer.

d. Menghapus services yang tidak pernah digunakan.

Detilnya, dapat mengikuti link ini.

Semoga bermanfaat! Sampai jumpa di post selanjutnya!

 

Contact Esri Indonesia Technical Support (support@esriindonesia.co.id) for further assistance.

About the Author
GIS Support Analyst.