Berbagi ceritamu dengan Story Maps

1650
0
01-30-2018 11:18 PM
SuriatiSuriati
New Contributor III
0 0 1,650

Aplikasi Esri Story Maps memberikan kemudahan untuk Anda dalam memanfaatkan peta dan menggabungkannya dengan teks, gambar, dan konten multimedia lainnya. Esri Story Maps mampu menceritakan kisah Anda dalam tampilan geografis yang menarik dan informatif dengan langkah yang mudah. Jika Anda merasa kesulitan dalam menuangkan kisah Anda melalui Story Maps, ikuti 5 langkah berikut ini!

  1. Kenali pembaca Anda

       Sebelum Anda membuat Story Maps, sebaiknya Anda perlu mengetahui siapa yang akan membacanya sehingga        tulisan, peta dan konten lainnya dapat disesuaikan dengan target pembaca Anda.

   2. Sajikan konten yang menarik

       Pilih gambar yang menarik dan berbeda. Jangan lupa untuk menambahkan judul atau sedikit tulisan, agar lebih        mudah untuk dipahami. Pastikan pembaca Anda tertarik dengan kisah Anda. Pikirkan konsep yang menarik dan              secara matang.

   3. Pilih aplikasi yang sesuai

       Esri Story Maps memiliki berbagai jenis aplikasi yang beragam, sehingga Anda dapat menyesuaikan aplikasi yang        mana yang cocok dengan konten yang ingin ditampilkan. Contohnya, jika Anda ingin menampilkan foto dengan               sedikit tulisan, maka Story Map Tour akan sangat sesuai. Berbeda jika Anda ingin menampilkan tulisan yang lebih        panjang, maka Story Map Journal yang harus dipilih. Silahkan kunjungi laman Story Map Apps untuk melihat                   berbagai aplikasi lainnya.

   4. Mudah dipahami

       Anda pasti ingin menceritakan kisah atau cerita Anda secara keseluruhan, namun ada baiknya ditampilkan secara           ringkas, sederhana namun informatif dan user-friendly sehingga petanya mudah dipahami oleh pembaca. Misalnya         dalam pemilihan peta dasar atau basemap, terkadang warna abu-abu akan lebih menarik dibandingkan dengan             menggunakan tampilan citra satelit.

   5. Sederhana

       Sederhana bukan berarti tidak menarik! Minimalis dan sederhana adalah kunci agar cerita Anda efektif dan dapat           dinikmati oleh pembaca.

Sources:

https://storymaps.arcgis.com/en/five-principles/

https://blogs.esri.com/esri/arcgis/2016/10/11/10-essential-steps-story-map-success/https://blogs.esri.com/esri/arcgis/2016/10/11/10-essential-steps-story-map-success/

by: ayamiranti