ayamirantiesriindonesia-co-id-esridist

FAQ: ArcGIS for Personal Use

Blog Post created by ayamirantiesriindonesia-co-id-esridist Employee on Jan 31, 2018

Hello! Selamat datang dan selamat bergabung sebagai bagian dari community ArcGIS User di ArcNesia!

 

Thread kali ini khusus dibuat untuk teman-teman ArcNesia yang menggunakan ArcGIS for Personal Use. ArcMin akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering teman-teman ArcNesia ajukan dan penjelasan singkat mengenai tahapan instalasi, upgrade dan beberapa tips dan trik yang bisa teman-teman lakukan dengan membeli ArcGIS for Personal Use.

 

Baca post sebelumnya:

1. Instalasi ArcMap FAQ: ArcGIS for Personal Use-Installation 

2. Instalasi ArcGIS Online FAQ: ArcGIS for Personal Use-Installation (2) 

3. Instalasi ArcGIS Pro FAQ: ArcGIS for Personal Use-Installation (3) 

Let's start!

 

1. ArcGIS for Personal Use

 

Apa yang dimaksud dengan ArcGIS for Personal Use?

ArcGIS for Personal Use hadir sebagai salah satu pilihan untuk para pengguna GIS secara perseorangan serta bersifat nonkomersil. ArcGIS for Personal Use tidak diizinkan dalam penggunaannya untuk kepentingan pihak ketiga, termasuk badan komersial, edukasi, pemerintah atau nirlaba.

 

Fitur apa saja yang saya dapatkan dengan membeli ArcGIS for Desktop Personal Use?

1. ArcGIS Desktop (ArcMap) Advanced

2. ArcGIS Online Named User level 2 dengan kredit sebesar 100 service credits

3. ArcGIS Pro

   Termasuk extensions:

  • ArcGIS 3D Analyst
  • ArcGIS Data Interoperability
  • ArcGIS Data Reviewer
  • ArcGIS Geostatistical Analyst
  • ArcGIS Network Analyst
  • ArcGIS Publisher
  • ArcGIS Schematics
  • ArcGIS Spatial Analyst
  • ArcGIS Tracking Analyst
  • ArcGIS Workflow Manager

4. Akses ke My Esri

ArcGIS for Personal Use | Esri Indonesia 

 

Apa yang dimaksud dengan My Esri?

My Esri adalah situs untuk mengatur kebutuhan Anda terkait produk Esri. Anda akan dengan mudah mencari informasi yang Anda butuhkan, seperti mengunduh installer, authorization information dan traning.

my-esri 

 

Apa yang dimaksud dengan ArcGIS for Desktop?

ArcGIS Desktop adalah perangkat lunak yang terdiri dari ArcMap dan ArcGIS Pro. Perangkat lunak ini membantu Anda dalam melakukan berbagai kegiatan terkait GIS, seperti membuat peta, analisis geografis, editing data dan compilation, data management, visualisasi dan geoprocessing.

 

Apa yang dimaksud dengan ArcMap?

ArcMap adalah aplikasi berbasis desktop untuk GIS profesional. ArcMap merupakan bagian dari ArcGIS Desktop. ArcMap terdiri dari ArcCatalog, ArcToolbox, ArcGlobe serta ArcScene; untuk menyokong kemampuan GIS secara penuh.

A quick tour of ArcMap—ArcGIS Help | ArcGIS Desktop 

 

Apa yang dimaksud dengan ArcGIS Pro?

ArcGIS Pro adalah aplikasi berbasis desktop 64-bit untuk GIS profesional. ArcGIS Pro merupakan bagian dari ArcGIS Desktop. Kemampuan ArcGIS Pro dalam menampilkan data secara 2D dan 3D secara bersamaan mempermudah Anda dalam menampilkan, membuat, mengedit serta menganalisa data Anda. 

About ArcGIS Pro—ArcGIS Pro | ArcGIS Desktop 

Apa yang dimaksud dengan ArcGIS Online?

Merupakan web GIS yang dapat digunakan untuk menggunakan, membuat dan membagikan peta, scene (3D), aplikasi, layer, melakukan analisis dan data. Selain itu dapat memperoleh data public yang disediakan oleh ArcGIS, yaitu Living Atlas of the World. Di ArcGIS Online seluruh komponen berjalan di infratruktur cloud berbasis SaaS, dapat diartikan bahwa seluruh penyimpanan dan aspek yang ada pada sistem di-host di Esri dalam highly scalable environment.

Dalam penggunaannya ArcGIS Online akan membutuhkan kredit dan bersifat subscription.

Frequently asked questions—ArcGIS Online Help | ArcGIS 

 

Apa perbedaan antara ArcGIS Account dengan Esri Account?

ArcGIS account digunakan untuk mengakses ArcGIS Online. Akun ini terdapat dua jenis, yaitu Public Account dan Organizational Account.

Apabila Anda ingin mengakses My Esri dan Geonet, Anda membutuhkan ArcGIS Account yang memiliki akses ke halaman tersebut, yang dikenal sebagai Esri Account.

ArcGIS Public Account secara otomatis memiliki akses menuju Esri web resources. Apabila Anda menggunakan ArcGIS Organizational Account, maka silahkan kontak administrator Anda untuk memberi Esri akses untuk akun Anda.

Frequently asked questions—ArcGIS Online Help | ArcGIS  

 

Apa yang dimaksud dengan Concurrent Use license dan Single Use license?

Single use license adalah lisensi yang hak penggunaanya hanya digunakan pada satu mesin. Umumnya diistilahkan sebagai 'node-locked license', namun istilah yang digunakan dalam Esri adalah Single Use.

Concurrent use license adalah lisensi yang dapat diakses oleh beberapa user dari berbagai komputer yang masih dalam satu jaringan yang sama. Berbeda dengan single use license yang menggunakan ArcGIS Administrator, concurrent use license menggunakan License Server Administrator untuk mengatur dan mengelola seluruh lisensi yang dimiliki oleh organisasi Anda. Jumlah lisensi concurrent, menunjukkan jumlah user yang dapat menjalankan aplikasi secara bersamaan. Jika seluruh lisensi sedang digunakan, maka user tambahan tidak dapat menjalankan aplikasinya hingga user yang lain selesai menggunakan lisensi tersebut.

https://www.esri.com/library/whitepapers/pdfs/arcgis10-licensing.pdf 

 

Apa yang dimaksud dengan Named User license?

Named User license adalah tipe lisensi yang umum digunakan ArcGIS Pro. Tipe lisensi ini menggunakan username dan password, dengan kata lain Named User bersifat perseorangan dan memiliki keterkaitan dengan login pada portal. Tidak terkait dengan lisensi yang telah di authorize di computer atau server Anda.

Named User licensing in ArcGIS Online—ArcGIS Pro | ArcGIS Desktop 

Named User Licensing In ArcGIS Pro - YouTube 

 

Apakah saya memperoleh layanan dukungan penuh?

Untuk mendapatkan fitur layanan dukungan kami, silahkan menghubungi Esri Indonesia.

 

Sekian post kali ini, jika ada pertanyaan silahkan menghubungi tim support Esri Indonesia melalui Esri Indonesia Technical Support (support@esriindonesia.co.id).

Outcomes