Survey 123 for ArcGIS, Trend Baru Survey di Era Digital

2456
0
02-06-2018 08:27 PM
SuriatiSuriati
New Contributor III
0 0 2,456

Di era globalisasi seperti saat ini, kita selalu dituntut untuk serba cepat dan tanggap. Istilah ‘waktu adalah uang’ merupakan cerminan gaya hidup kita sekarang ini, bahkan untuk surveyor sekalipun. Proses memperoleh dan mengumpulkan data lapangan umumnya menghabiskan waktu yang lama, dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai pengolahan data. Survey 123 for ArcGIS hadir memberikan solusi bagi para surveyor dalam proses pengumpulan data. Jika sebelumnya kita terpaku pada formulir berbentuk fisik, sekarang dengan adanya Survey123 for ArcGIS, kita tidak perlu kesulitan membawa berlembar-lembar formulir, karena sudah pada genggaman Anda. Mengapa? Karena data Anda dilengkapi tidak hanya data atribut, namun Anda juga memperoleh data spasial dan foto. Tidak hanya Anda sebagai surveyor yang mengumpulkan data, namun persilakan masyarakat ikut kontribusi untuk mengumpulkan data bersama.

            Hasil gambar untuk survey123 for arcgis esri

Bagaimana caranya?

Dimulai dari versi 1.9, Survey123 for ArcGIS sudah mendukung survey publik, yaitu mempersilakan orang lain untuk turut serta dalam proses pengumpulan data. Tanpa menggunakan akun ArcGIS. Survey publik ini sangat cocok untuk masyarakat yang aktif dalam meng-update kejadian sekitar.

Survey publik dapat Anda cantumkan dalam website pemerintah daerah untuk mengumpulkan pendapat mengenai pembangunan infrastruktur yang baru. Selain itu, juga dapat Anda manfaatkan untuk melaporkan mengenai masalah lingkungan yang ditemui. Survey publik dapat Anda gunakan dari web browser, atau unduh aplikasi Survey123 for ArcGIS untuk mengumpulkan data saat sedang offline.

Buka survey123.arcgis.com lalu pilih survey Anda dari galeri, pada tab Collaborate pilih untuk bagikan ke seluruh orang (Everyone). Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mensosialisasikan kepada masyarakat dengan cara menyalin URL. URL ini bisa Anda tampilkan dimana pun, sebut saja laman Facebook, Twitter dan masih banyak lagi. Cukup bermodalkan web browser yang ada di computer, laptop, tablet, bahkan smartphone Anda sudah dapat mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam proses pengambilan keputusan Anda nantinya.

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah, bagikan hasil kerja Anda melalui aplikasi yang sudah disediakan oleh ArcGIS. Tersedia berbagai macam aplikasi seperti Story Maps, Web AppBuilder dan Configurable Application Templates, yang dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Selamat Mencoba!

by Arsha Yuditha