Mengenal ArcGIS Pro

7883
0
02-19-2018 01:40 AM
SuriatiSuriati
New Contributor III
1 0 7,883

ArcGIS Pro merupakan produk GIS desktop terbaru dari Esri dengan sistem operasi 64 bit. Menyajikan teknologi terbaru dan tercanggih dari Esri untuk keperluan visualisasi, analisis, image processing, manajemen dan integrasi data dalam format 2D dan 3D. Sebelum mulai menggunakan ArcGIS Pro ada baiknya untuk mengenal terminologi dan user interfacenya terlebih dahulu.

Terminologi ArcGIS Pro 

Project : Koleksi dataset geografi, peta, layout, tool, pengaturan dan semua file yang berekstensi .aprx. Di project juga kita dapat melakukan pengaturan terkait portal dan phyton.

Portal : Koneksi menuju ArcGIS Online atau Portal for ArcGIS. Anda dapat mengambil konten untuk project Anda secara langsung dari portal organisasi, ArcGIS Online maupun Living Atlas.

Map  : Map dapat digunakan untuk menampilkan project yang berisi data geografik dalam bentuk dua dimensi.

Scene : Scene dapat digunakan untuk menampilkan project dalam bentuk tiga dimensi (3D). Scene dapat digunakan dalam bentuk global view dan local view. Global view digunakan untuk menampilkan project yang cakupan geografinya luas sedangkan local view digunakan untuk cakupan geografi yang lebih kecil.

Basemap Basemap digunakan untuk memilih peta dasar apa yang akan digunakan dalam mengerjakan suatu project.

View : Jendela yang menampilkan area kerja suatu project. Di ArcGIS Pro view dapat menampilkan beberapa jendela yang menampilkan area kerja yang berbeda untuk setiap projectnya.

Layer : Merepresentasikan data spasial apa saja yang ada pada suatu map atau scene.

Preset layers : Digunakan untuk menambahkan data ke dalam suatu map atau scene. Bedanya dengan layer adalah pada pada preset layer, pengaturan telah dilakukan pada layer yang akan ditambahkan.

Task : Serangkaian langkah kerja yang telah dilakukan dalam suatu project.

Layout  : Penampilan suatu peta atau lebih dan elemen-elemen pendukung seperti judul, legenda, dan teks.

Layout tersebut biasanya dibagikan dalam bentuk peta yang telah dicetak, PDF ataupun dalam bentuk poster.

Geoprocessing : Sebuah framework dan sekumpulan tools yang digunakan untuk memproses data geografik dan data terkait lainnya. Geoprocessing dapat digunakan untuk menjalankan analisis spasial dan mengatur data GIS secara efisien. 

ArcGIS Pro User Interface

The Ribbon

ArcGIS Pro menggunakan ribbon horizontal yang letaknya berada di atas jendela aplikasi dan digunakan untuk menampilkan dan mengatur fungsionalitas dalam beberapa tab. Ada dua jenis tab dalam ArcGIS Pro yaitu tab utama dan tab kontekstual. Tab utama merupakan tab yang selalu aktif dan terdiri dari Project, Insert, Analysis, View, Imagery dan Share.

                             

Tab kontekstual merupakan tab yang hanya muncul pada saat dibutuhkan, apabila sudah tidak dibutuhkan maka tab tersebut tidak akan ditampilkan. Berikut merupakan tampilan lengkap the ribbon.

                             

Quick Access Toolbar yang terletak di kiri atas the ribbon terdiri dari tombol save, open, undo, dan redo project. Pengaturan juga dapat dilakukan untuk the ribbon sehingga Anda dapat menambahkan tool yang paling sering Anda gunakan, mengilangkan tools dari the ribbon jika tidak terlalu sering digunakan, dan menambahkan tool ke dalam Quick Access Toolbar.

Views and Panes

View merupakan jendela yang menampilkan area utama dari aplikasi. View dapat berupa map, scene, tabel, grafik, ataupun visualisasi data. Anda dapat membuka beberapa view, akan tetapi hanya akan ada satu view yang aktif pada waktu tertentu.

 

                                  

Pada view yang sedang aktif Anda dapat menjalankan beberapa command dari the ribbon yang terletak di atas jendela aplikasi ataupun dari pane. Pane adalah jendela yang terletak di samping kanan atau kiri aplikasi, pane terdiri dari beberapa command dan pengaturan lanjut dari apa yang terletak di the ribbon. Pane biasanya terdiri dari contents, catalog dan geoprocessing. Contents berisikian daftar konten yang ada pada suatu map, catalog berisikan kumpulan item yang digunakan pada project dan beberapa command yang dapat digunakan untuk mengaturnya, sedangkan geoprocessing biasanya digunakan untuk mencari geoprocessing tools dan menjalankannya.

                                           

by: widwiyaswati

Tags (1)