Mapping Tweets

540
0
02-08-2018 11:40 PM
SuriatiSuriati
New Contributor III
0 0 540

Twitter adalah suatu servis media sosial yang memungkinkan pengguna untuk membagikan post-post pendek yang disebut tweets. Saat ini, twitter secara masif digunakan tidak hanya oleh individual, organisasi bisnis dan pemerintah juga bahkan ikut serta dalam menggunakan media sosial ini. Sebuah tweet memiliki data lokasi, dan tentu saja data tersebut dapat dimasukkan ke sebuah peta dengan menambahkan extra layer pada peta termasuk dengan informasi-informasi tweet yang lainnya.

Ketika Anda ingin membuat peta di ArcGIS Online, ada sebuah template yang bernama Public Information. Template Public Information adalah sebuah template yang dapat dengan mudah dikonfigurasi dan bersifat responsif terhadap berbagai macam device dan browser. Template tersebut memiliki kemampuan untuk memetakan tweets dan media sosial lainnya yang memiliki data lokasi seperti: Instagram, Flickr, YouTube, dsb. Template tersebut juga dapat dikonfigurasi agar dapat dengan otomatis memasukkan sebuah katakunci pencarian untuk mencari lokasi dari tweets atau media sosial yang lainnya. Bagaimana cara menggunakannya?

Buka sebuah web map yang sudah ada, klik share, kemudian Create a Web App.

Pilih kategori Map Social Media kemudian pilih Public Information Template.

 

 Anda dapat mendownload source dari aplikasi, preview aplikasi, atau membuat aplikasi. Pilih Create Web App untuk mengkonfigurasi template yang telah Anda pilih.

Masukkan judul, tags, dan ringkasan deskripsi dari aplikasi.

Anda dapat mengkonfigurasi aplikasi sesuai keinginan anda di configuration panel. Untuk menampilkan tweets dengan otomatis, klik Twitter Options kemudian pilih: (1) Enable Twitter Layer, (2) Visible, (3) Tentukan kata kunci sesuai keinginan anda. Jangan lupa save jika sudah selesai dengan konfigurasinya.

Selamat mencoba!

Source: https://blogs.esri.com/esri/arcgis/2016/08/18/add-tweets-to-your-web-map/

by Yarjuna Rohmat