ArcGIS Online: Organizational Account vs. Public Account

2655
2
11-23-2017 01:44 AM
ArshaYuditha_Amiranti
Occasional Contributor
1 2 2,655

Hi ArcNesian!

Apakah kalian pernah mengalami saat melakukan aktivasi link ArcGIS Online lalu akun kamu berubah menjadi seperti ini?

Gambar 1. Public account ArcGIS Online.

Ini adalah tampilan akun ArcGIS Online tidak berbayar yang bersifat publik (bukan trial lho ya) atau public account. Ciri-cirinya mudah untuk dikenali, di bagian menu tidak terdapat menu Organizations, lalu tidak ada pilihan menu untuk aplikasi lainnya seperti tampilan di bawah ini.

Gambar 2. Tidak ada menu Organizations.

Gambar 3. Tidak ada menu untuk aplikasi lainnya.

Diatas merupakan perbedaan yang dirasakan secara tampilan, tapi sebetulnya apa sebenarnya definisi dari Organizational Account dan Public Account itu sendiri? Apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan oleh masing-masing jenis akun tersebut? Ada beberapa tipe ArcGIS Account yang perlu dipahami, termasuk dua akun diatas, untuk jelasnya mari lihat definisinya di tabel berikut.

Gambar 4. Tabel perbedaan ArcGIS Account.

(Source: Account troubleshoot—ArcGIS Online Help | ArcGIS )

Berdasarkan tabel diatas, dapat disimpulkan bahwa Organizational Account adalah akun ArcGIS Online yang diperoleh dari pembelian ArcGIS Desktop atau berlangganan (subscribe). Proses aktivasi organizational account diperoleh dari activation link yang dikirimkan oleh pihak License. Organizational account juga menyediakan tampilan halaman yang dapat di-custom, proses login yang aman, pengaturan pada proses berbagi data, pengaturan pengguna, fungsi/tools analisis yang lebih banyak (contoh: geo-processing tools), pilihan data beragam, serta berbagai pilihan aplikasi (AppStudio for Studio, Operations Dashboards, Survey123, Geoplanner for ArcGIS dan masih banyak lagi).

Lain halnya dengan Public Account, adalah akun yang diperoleh bukan dari pembelian ArcGIS Desktop ataupun berlangganan (subscribe), disini kamu tidak memperoleh kredit dan tidak dapat publish hosted layer. Aktivasi atau pembuatannya pun dapat menggunakan akun sosial media yang kamu punya, Facebook atau Gmail. Kekurangannya adalah kamu tidak dapat mengatur lisensi yang dimiliki (perlu diingat beberapa lisensi seperti Drone2Map dan ArcGIS Pro diperoleh dari ArcGIS Online), pilihan cara untuk berbagi data pun terbatas hanya publik atau pribadi, berbeda dengan organizational account yang memiliki pilihan untuk berbagi dengan grup, publik, organisasi, atau pribadi.

Apabila ArcNesian sudah memiliki public account dan kemudian akan beralih menjadi organizational account, tentu bisa dilakukan! Caranya mudah pada saat proses aktivasi link, pilih opsi kedua, yaitu By converting an existing ArcGIS Public Account.

Gambar 5. Mengubah ArcGIS Public Account menjadi ArcGIS Online Organizatinal Account.

Perlu diingat, dalam satu organisasi hanya dapat memiliki satu ArcGIS Online Subscription ID. Nomor subscription ID dapat dilihat di menu Organization di bagian sebelah kanan, beserta batas akhir masa berlangganan ArcGIS Online.

Gambar 6. Lokasi nomor subscription ID dan batas akhir berlangganan ArcGIS Online.

Apabila melakukan pembelian ArcGIS Online yang baru lalu memperoleh nomor subscription ID yang baru, maka otomatis akan menjadi public account. Kenapa? Karena dalam satu organisasi hanya dapat memiliki satu ArcGIS Online. Apabila activation link yang diberikan sudah diaktifkan, lalu dirasa tidak pernah mengaktifkan atau lupa, kemudian melakukan aktivasi lagi dengan link yang sama, otomatis kamu akan membuat public account, bukan mengaktifkan organization account. Kenapa? Karena link tersebut sudah pernah diaktifkan, subscription ID tersebut akan terdeteksi bahwa sudah pernah diaktifkan.

Perlu diingat juga, Portal for ArcGIS dan ArcGIS Online berbeda ya! Kalau masih bingung bisa dibaca di https://community.esri.com/groups/arcnesia/blog/2017/07/28/how-to-install-and-configure-portal-for-a..., di halaman tersebut juga menjelaskan bagaimana melakukan konfigurasi Portal for ArcGIS.

Semoga bermanfaat!

Sekian post kali ini, jika ada pertanyaan silahkan menghubungi tim support Esri Indonesia melalui Esri Indonesia Technical Support (support@esriindonesia.co.id).

2 Comments
jhon_Fery_AndreasManurung
New Contributor

kak ketika saya membeli arcgis personal use , apakah itu mendapatkan arcgis organication account atau tetap public account?

AnnATP
by
New Contributor

Hi @jhon_Fery_AndreasManurung 

Saat Anda membeli langganan PersonalUse, Anda berhak atas penggunaan ArcGIS Online. Konsep tentang cara mendapatkan langganan ArcGIS Online, Anda perlu melakukannya melalui MyEsri. MyEsri akan mengarahkan Anda ke jalur aktivasi. Saya menyarankan Anda menggunakan browser Chrome untuk aktivasi.

MyEsri> Organisasi Saya> Transaksi> Detail> Informasi Produk> Aktifkan Organisasi Online ArcGIS> Aktifkan

Anda kemudian dapat memilih akun publik yang sudah ada atau membuat akun baru (ini juga akan membuat akun publik baru). Setelah organisasi diatur sepenuhnya, Akun Publik Anda akan secara otomatis diubah menjadi Akun Organisasi ArcGIS.

Akun yang tidak terhubung ke ArcGIS Online semuanya disebut "Akun Publik Esri". Hanya akun yang terhubung ke ArcGIS Online atau ArcGIS Enterprise yang akan menjadi akun organisasi. Jika Anda ingin kembalikan status ke akun publik, Anda harus menghapus akun Anda dari organisasi ArcGIS Online. Itulah mengapa beberapa orang memiliki 2 akun pengguna. Satu untuk MyEsri, satu lagi untuk ArcGIS Online.

About the Author
GIS Support Analyst.