ArcGIS API for JavaScript Versi 4.x display 3D Map

764
0
02-05-2018 06:02 PM
SuriatiSuriati
New Contributor III
0 0 764

ArcGIS API for JavaScript versi 4.x adalah generasi lanjutan dari seri 3.x yang dapat mengintegrasikan map dalam bentuk 2D maupun 3D. Versi 4.x ini memungkinkan kita untuk membangun sebuah map dengan fitur lengkap 3D, termasuk di dalamnya terdapat fitur layer, basemaps, citra, terrain, dan objek-objek 3D lainnya. Dengan API ini, developer dapat membuat web lebih powerful dan tujuan yang utama adalah memberikan gambaran representatif layaknya kondisi di lapangan. Dikutip dari laman smartcityindonesia.org, sebuah kota dikatakan Smart apabila kota tersebut benar-benar dapat mengetahui keadaan kota di dalamnya, memahami permasalahan tersebut secara lebih mendalam, hingga mampu melakukan aksi terhadap permasalahan tersebut. Nah, dengan point tersebut diharapkan tampilan map 3 dapat memberikan gambaran keadaan kota di dalamnya secara mendalam. Bahasan mendalam mengenai ArcGIS API for JavaScript versi 4.x dapat dilihat di link berikut ini https://developers.arcgis.com/javascript/. Berikut adalah tampilan web official ArcGIS API for JavaScript Versi 4.1 dimana web tersebut berisi bahasan mengenai pedoman atau guide, tutorial, API reference, bahkan sample code juga tersedia sehingga memudahkan developer melakukan pengembangan.

 

Dalam javascript API ini berisi fungsi-fungsi terkait manipulasi visualisasi peta di aplikasi map. Kelas-kelas yang dimaksud dapat dilihat pada content API Reference dimana fungsi-fungsi yang dimaksud meliputi:

   

         Map, MapView and SceneView

Kelas yang mengatur fungsi tampilan peta dasar. MapView adalah fungsi untuk menampilkan peta dalam bentuk 2 dimensi sedangkan SceneView untuk menampilkan 3 dimensi

         Layers

Kelas yang mengatur beberapa fungsi untuk menampilkan dan memanipulasi layer pada peta dasar atau di funsi Map.

         Symbols

Kelas yang mengatur fungsi-fungsi grafis simbol-simbol pada data spasial yang tertampil di fungsi Map. 

         Renderers

Kelas yang mengatur fungsi render yang ada kaitannya dengan graphic dari sebuah featurelayer.

         Widget

Kelas yang mengatur fungsi-fungsi widget yang siap digunakan. Widget dapat berupa konten-konten search, geocoder, kompas, legenda, zoom, dan lain-lain.

         Geometries dan Geometry Engine

Kelas yang menagatur fungsi-fungsi geometry dan manipulasinya meliputi point, line, polyline, dan polygon.

         Tasks

Kelas yang berisi tasks (penugasan atau pekerjaan) pada map, seperti contohnya: query, routing, print, network analyst, dsb.

 

Kelebihan lainnya menggunakan JavaScript API versi ini adalah developer bisa mengembangkan aplikasinya baik di 2 dimensi maupun 3 dimensi secara bersamaan dalam dua pandangan yang sama dan pencahayaan. API ini juga dirancang untuk pembuatan aplikasi yang responsif jadi penempatan widget, dan konten-konten lain beradaptasi dengan resolusi layar dari perangkat yang digunakan user. API versi ini juga mendukung vector tile layer dimana jika menggunakan leyer ini, user diringankan pada saat load peta kedua kalinya karena aplikasi akan menyimpan cache. Feature lainnya untuk kepentingan tampilan yang user-friendly bahwa API ini juga mendukung kegunaan bookmark dari tampilan yang disimpan developer, juga untuk meringankan rendering tampilan peta dari lokasi satu ke lokasi lainnya.

by Ivan Aryant Putra