hariszaid

Spilhaus: Proyeksi Peta Lautan Dunia, Kini Sudah Tersedia di Pro!

Blog Post created by hariszaid on Jul 5, 2020

Jika berbicara tentang peta dunia, sebagian orang sudah tentu membayangkan daratan yang terbagi atas benua dan batas-batas negara. Sedangkan lautan? Mungkin hanya dilihat sebagai latar belakang dari peta dunia tersebut. Padahal, bumi tempat manusia hidup sementara ini 71 persennya adalah lautan. Lebih penting lagi, kita semua bergantung pada oksigen yang diproduksi di lautan, yang mana menyumbang lebih dari 50 persen oksigen di atmosfer.

Tidak bisa dipungkiri, sebagian besar pemikiran dan perencanaan manusia memang berorientasi pada daratan begitu **** pada peta. Laut memang selalu dinomorduakan. 

 

Namun, pada 1942, seorang ahli meteorologi-kelautan asal Afrika Selatan bernama Athelstan Spilhaus mengatasi ketidakadilan ini dan menciptakan proyeksi peta yang sepenuhnya berpusat pada lautan. Yang membuat unik, peta tersebut berpusat di Antartika dan mengupas Benua Asia dan Amerika. Selain unik, peta tersebut juga bisa memberikan fakta bahwa 71 persen dari permukaan bumi adalah air sebagai satu kesatuan. Peta di bawah ini adalah salah satu contoh peta yang dibuat menggunakan Proyeksi Spilhaus

 

 

 

 

Dan kabar baiknya bagi kamu, Arcnesian, proyeksi ini sudah tersedia di AcrGIS Pro. Kalau kamu penasaran dan ingin langsung mencoba, kamu bisa unduh projectnya di sini. Atau kamu juga bisa membuat manual dengan cara klik kanan pada Map lalu pilih Map Properties. Setelah jendela Map Properties muncul kemudian kamu klik Coordinate Systems. Pada kolom sebelah XY Coordinate Systems Avalable ketikkan Spilhaus. Maka akan muncul beberapa opsi dan kamu tinggal pilih Spilhaus Ocean Map in Square. Lebih jelasnya kamu bisa lihat gambar di bawah ini.

 

 

 

 

 

Dan ini beberapa peta tematik yang saya buat menggunakan Proyeksi Spilhaus menggunakan ArcGIS Pro..

 

 

 

 

 

 

Saya sangat menyarankan agar Acnesian mencobanya. Kalau ada pertanyaaan atau komentar, silakan tulis di bawah. Saya akan sangat senang dengan itu. Terima kasih

Outcomes