Aislami

Webinar Q&A (The Value Of Location Strategy For Public Health Preparedness)

Blog Post created by Aislami on Jun 19, 2020

Halo ArcNesian! ini adalah Q&A untuk teman-teman ArcNesian yang pertanyaannya belum sempat terjawab ataupun yang belum sempat ikut webinarnya. Silahkan dibaca Q&A nya iya.

 

Untuk query misalnya dari tingkat provinsi ke tingkat desa apakah bisa kita menggunakan survey123?
Untuk info detail mengenai penggunaan Survey123 bisa diakses melalui link dibawah ini: https://community.esri.com/groups/survey123/blog/2017/08/30/understanding-multiple-choice-questions-in-survey123-for-arcgis

 

Bagaimana merubah kelas symbologi "propotional symbol”?
Simbol proporsional dapat dikonfigurasikan di ArcGIS Desktop, detail informainya dapat diakses melalui link berikut: https://pro.arcgis.com/en/pro-app/help/mapping/layer-properties/proportional-symbology.htm 

 

Apakah ada tool lain terkait covid seperti pemodelan CHIME (milih university of pennyslavania) yang ada di ArcGIS Pro?
Tools lain berkaitan dengan analisis spasial covid di ArcGIS Pro diantaranya, spatial statistics, location-allocation, time series map, dan proximity tracing. Selengkapnya bisa diakses melalui link berikut: https://www.esri.com/arcgis-blog/?s=#covid 

 

Apakah kedepannya Esri dan ITS ada kemungkinan mengumpulkan semua data seluruh indonesia mengenai covid-19 (pasien tertular dan tenaga medis serta kebutuhan tenaga medis) dan membantu pemerintah dalam decision making?
Ada rencana ke sana, namun saat ini belum tersedia resources yang cukup. Mengingat beberapa pekerjaan teknis masih harus kami lakukan di kampus seperti produksi APD, penyiapan logistik dan penyaluran bantuan.

 

Apakah dapat melakukan raster analisis pada ArcGIS pro, Karena dalam pengambilan keputusan data GIS akan lebih baik jika dipadukan dengan teknologi penginderaan jauh?
Bisa merujuk ke: https://pro.arcgis.com/en/pro-app/tool-reference/raster-analysis/an-overview-of-the-raster-analysis-toolbox.htm 


Bagaimanakah cara memastikan respondent mengupdate status kesehatannya secara periodic, agar peta dapat terupdate sesuai status terkini?
Yang pertama, kami memastikan bahwa semua pihak yakin bahwa survei ini resmi dan data akan dikelola dengan baik dengan memperhatikan aspek privasi, serta memastikan akan ada tindak lanjut yang perlu ditangani. Setelah itu Kami memanfaatkan jalur birokrasi secara berjenjang, mulai Dekan kemudian ke Kepala Departeman untuk mem-broadcast link survei secara berkala ke mahasiswa di lingkungan mereka.

 

Karena COVID ini kan dinamikanya sangat tinggi setiap waktu, apakah untuk mendapatkan update data-data yg ada dari masing-masing mahasiswa dilakukan pengisian form secara berkala, Apakah metode ini bisa diterapkan dalam skala yg lebih luas, lalu apakah efektif untuk wilayah kota/ kabupaten?
Kami sebenarnya mendesain survei untuk bisa diisi secara harian, namun ada kendala dari sisi mahasiswa, Sehingga dibuat per minggu. Untuk wilayah yang besar, justru akan efektif sekali karena tidak perlu untuk mengumpulkan data secara manual. bisa diterapkan dengan responden khusus, misal kepala desa, kepala puskesmas atau lainnya.

Seperti apa yang diambil/ditetapkan oleh Kampus ITS dari data yang telah dikumpulkan?
Berikut beberapa kebijakan ITS mengenai pengelolaan data yang telah dikumpulkan
1. Kebijakan untuk memperpanjang belajar daring sampai akhir semester
2. Membantu pemulangan mahasiswa dengan kendaraan khusus
3. Menindaklanjuti temuan di sekitar kampus terkait kesehatan dan suplai makanan untuk mahasiswa.

Apakah data tersebut dapat diupdate secara berkala oleh para mahasiswa agar mungkin nantinya dapat melihat data surveynya secara spasial dan secara temporal?
Secara ide sebenarnya sangat mungkin, dengan memantau NRP sebagai kunci primer (primary key, yang sifatnya tunggal). Di survei yang kami lakukan, hal di atas belum diterapkan.


Berdasarkan pengalaman menghadapi pandemi ini, persiapan atau protokol mitigasi seperti apa yang dibutuhkan dan seharusnya dimiliki Indonesia dalam menghadapi pandemi dari segi pemanfaatan GIS?
Kita untuk pertama kalinya menghadapi wabah menular seperti ini, berbeda dengan negara lain yang lebih siap (karena pernah mengalami hal yang mirip). Untuk itu, di Indonesia perlu dibuat semacam lembaga https://www.cdc.gov yang diberi wewenang dan tanggung jawab untuk mitigasi dan penanganan wabah.

 

Jika saya ingin membantu suatu lembaga atau kab/kota dengan pendekatan geospasial, apa hal yg paling sederhana yg dapat saya lakukan dan data apa saja yg sekiranya saya butuhkan beserta sumber datanya?
Hubungi PIC Esri di UGM (salah satunya pak Heri Sutanta), anda dapat membuat dashboard menggunakan data BPBD atau dinas kesehatan setempat. tau membuat aplikasi survei yang bisa diisi oleh kepala desa/puskesmas terkait jumlah ODP, PDP, Positif di masing masing desa dan membuatkan dashboard realtime.

 

Saya sempat mengusulkan konsep pemetaan seperti ini beserta bertanya riwayat kesehatan dan faktor risiko untuk pegawai kantor, Tapi saya belum tau cara analisis lebih lanjutnya seperti yang sudah dilakukan di Webinar. Kira2 kalau saya mau menerapkan apakah ada petunjuk lebih lanjut?
Anda bisa memanfaatkan cara ini untuk mengontrol kondisi pegawai secara harian dan bisa dipakai sebagai pengganti presensi. Buatkan formulir dan asesmen kondisi kesehatan pegawai (beserta keluarganya). Dari sisi kantor, bisa menyiapkan dashboard yang bisa dipakai untuk memonitor pergerakan atau secara harian. Jika ada kondisi MERAH, maka kantor bisa mengambil tindakan segera.

 

Apakah GIS dapat memprediksi kapan covid-19 ini kapan berkahir?
GIS dapat digunakan untuk mengetahui kapan berakhirnya sebuah pandemi jika didukung dengan data premir yang akurat dan multitemporal.

 

Bagaimana cara menarik json atau api misal seperti pada aplikasi radarcovid jatim ke webmap kita?
Untuk scraping data bisa menggunakan bahasa pemrograman seperti Python atau R. ArcGIS sendiri memiliki fitur Python library yang dapat digunakan di ArcGIS API for Python https://developers.arcgis.com/pythonSalah satu contoh penggunaannya apabila data nya berbentuk JSON: https://support.esri.com/en/technical-article/000019701     

Bagaimana mengatur informasi pembaharuan data terakhir pada dashboard agar tampil secara otomatis seperti pada fitur list di dashboard?
Bisa lakukan beberapa pengaturan seperti link berikut: https://www.esri.com/about/newsroom/arcwatch/create-your-first-dashboard-using-arcgis-dashboards/ 

 

Apa saja saran yang dapat diberikan untuk pemerintah terutama pemerintah pusat untuk memanfaatkan Location Strategy GIS menghadapi pandemi ini?
Kita bisa memulai, walau terlambat, dengan memperbaiki kualitas dan kuantitas data. Jika sulit disentralisasi dari pusat, bisa dilakukan lewat bawah secara berjenjang. Kita punya pengalaman seperti ini ketika pemilu. Sistem disiapkan pusat, sementara data mengalir dari bawah.

 

Apakah data survey tersebut juga dibagi dengan pemerintah lokal Agar nantinya mungkin dapat memberikan informasi bagi pemerintah lokal (terutama yang di luar Pulau Jawa) tentang adanya mahasiswa ITS yang memilik gejala atau pernah berkontak dengan pasien lainnya?
Yang kami kontrol adalah memastikan semua mahasiwa mengikuti protokol kesehatan dan kesalamatan diri dan lingkungan. Jika ada gejala, mereka bisa menghubungi hotline yang telah kami siapkan untuk diarahkan ke tindakan lebih lanjut.


Untuk query misal dari tingkat provinsi ke tingkat desa apakah bisa dilakukan survey123?
Detail informasi mengenai data query tingkat provinsi/daerah melalui  form survey123, dapat mengakses link berikut https://community.esri.com/groups/survey123/blog/2017/08/30/understanding-multiple-choice-questions-in-survey123-for-arcgis  

Bagaimana cara membuat grafik logarithmic?
Penggunaan Serial Chart (termasuk grafik logaritmik) bisa diakses melalui link berikut: https://doc.arcgis.com/en/dashboards/get-started/serial-chart.htm 

 

bagaimana merubah kelas symbologi propotional symbol?
Simbol proporsional dapat dikonfigurasi di ArcGIS Desktop, bisa diakses di link berikut: https://pro.arcgis.com/en/pro-app/help/mapping/layer-properties/proportional-symbology.htm 

 

Apakah ada informasi link survey123 data query mengenai pendataan COVID-19 di ITS dan publik?
Alamat formulir survei dari ITS dapat diakses di link berikut: https://arcg.is/TeK8q  dan
alamat hasil survei versi public dapat diakses di link berikut: https://arcg.is/1Kz8mT 

 


Ikuti Webinar lainnya dari Esri Indonesia melalui website berikut:
https://esriindonesia.co.id/webinars 

Untuk mendapatkan materi video dari Webinar ini, silahkan akses link berikut:
https://www.youtube.com/watch?v=7W87uRSBAvs 

Outcomes