Aislami

Webinar Q&A (Ramping Up The Banking Industry Through Location Intelligence)

Blog Post created by Aislami on Jun 19, 2020

Halo ArcNesian! ini adalah Q&A untuk teman-teman ArcNesian yang pertanyaannya belum sempat terjawab ataupun yang belum sempat ikut webinarnya. Silahkan dibaca Q&A nya iya.

 

Bagaimana mengatasi data tabular yang minim informasi lokasi, misalnya informasi lokasinya tidak detail dan ada kesulitan menentukan titik koordinatnya?
Esri menyediakan service untuk mengubah data alamat menjadi data spasial (geopoint) bernama geocoding. agar data alamat yang diubah menjadi titik spasial lebih akurat, data tersebut setidaknya harus memiliki keterangan provinsi, kecamatan, dan kelurahan. Jika ternyata setelah dilakukan proses geocoding titiknya masih kurang tepat bisa disesuaikan dengan melakukan proses editing untuk menggeser titik ke lokasi yang lebih tepat, bisa di dalam ArcGIS Desktop ataupun dalam ArcGIS Platform.

 

Apakah harus terhubung dengan core banking atau stand-alone?
solusi-solusi Esri biasanya tidak langsung dihubungkan ke dalam core banking database. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan biasanya dibuatkan sebuah koneksi ke dalam suatu database baru, hasil cloning core banking jika diperlukan data dari database tersebut.

 

Apakah penggunaan GIS pada sektor finansial bisa berpengaruh pada jaminan keamanan nasabah, misal ada nasabah yang mengambil uang dalam jumlah besar, kemudian data bocor ke tangan pelaku kejahatan dan dilakukan perampokan?
Untuk mengimplementasi GIS sebenarnya ada dua pendekatan, yang pertama adalah mengaksesnya sebagai Software as a Service (SaaS) dan mengaksesnya di on-premise. SaaS ArcGIS Platform atau yang lebih sering disebut ArcGIS Online, di manage oleh Esri inc sehingga memudahkan untuk scalability jika terjadi akses yang cukup banyak pada aplikasi yang kita miliki. Akan tetapi biasanya di FSI atau di sector Banking yang memiliki data nasabah yang cukup sensitif implementasi GIS biasanya dilakukan dalam on-premise. ini artinya semua environment seperti server, data storage, portal serta keamanannya di manage oleh organisasi tersebut. Sehingga terkait keamanan bisa dilakukan penyesuaian seperti peningkatan keamanan oleh organisasinya sendiri.


Apakah data-data yang digunakan di dalam analisis bisa terupdate secara otomatis, seperti masalah regulasi pemerintah?
Jika data yang dikses tersebut sudah berupa API, besar kemungkinan jika organisasinya mengupdate data tersebut maka data yang kita miliki juga merupakan versi terbaru.

 

Bagaimana best practice sizing arcgis server on premise untuk solusi banking, misalnya: jumlah cpu, memory, dan disk?
Detail spesifikasi ArcGIS Enterprise bisa diakses di link berikut: https://enterprise.arcgis.com/en/system-requirements/latest/windows/arcgis-enterprise-overall-system-requirements.html 

 

Analisis jarak untuk penentuan kantor cabang apakah hanya mengambil jarak lurus & tidak mengikuti lekukan jalan?
Solusi Network Optimization seperti diperlihatkan pada gambar dibawah sebenarnya mengikuti alur jalan akan tetapi ditarik garis lurus untuk mempermudah visualisasinya. Jika garis tersebut di-klik, bisa didapatkan informasi berupa jarak dan waktu tempuh dari titik awal ke titik tujuan.

 

Tipe database apa saja yang bisa disinkronkan, SQL, postgre, db2 atau tipe data lainnya?
Beberapa compatible RDBMS diantaranya adalah PostgreSQL, Oracle, SQL Server, dan SAP HANA. Untuk informasi lebih lengkapnya mengenai RDBMS yang compatible dan sesuai dengan ArcGIS Platform secara menyeluruh dapat diakses melalui link dibawah ini: https://desktop.arcgis.com/en/arcmap/latest/manage-data/databases/dbms-support.html 

 

Apakah ArcGIS bisa membaca langsung data dari database non spatial tabular biasa untuk proses analisa data dengan data spasial dari geodatabase dan data statistik data database biasa, lalu software apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana gambaran umumnya agar bisa terhubung langsung antara db statistik dan db spasial secara live stream data?
Teknologi Esri bisa langsung membaca data dari database seperti PostgreSQL, Oracle, SQL Server. Untuk analisis bisa dilakukan secara live stream melalui beberapa teknologi Esri seperti ArcGIS Desktop dan ArcGIS Insights. Kedua aplikasi tersebut bisa menambah koneksi ke database secara langsung agar dapat menganalisis data non spasial dan spasial, kedua data harus memiliki unique identifier yang sama.

 

Bagaimana cara membuat Query saat kita memilih kota atau kabupaten tertentu, maka apakah kecamatan pada pertanyaan selanjutnya hanya terpilih sesuai kabupaten atau kota sebelumnya?
Pada aplikasi Survey123 Connect terdapat xls form yang memiliki fitur pulldata untuk lebih lengkapnya bisa diakses di link berikut:
https://doc.arcgis.com/en/survey123/desktop/create-surveys/xlsformformulas.htm#ESRI_SECTION1_A3C2F3566F974734B55ECECD31C6CA91  dan link berikut:
https://community.esri.com/groups/survey123/blog/2016/10/27/the-pulldata-function-access-external-data 

 

Software ArcGIS dalam industri perbankan sudah di implementasikan dimana saja?
Implementasi terbaru di BTPNS, dan Bank Muamalat. Beberapa bank berikut juga sudah menggunakan teknologi Esri, yaitu: BNI, BRI, Citibank, Bank Danamon, dan BFI Finance.

 

Data sekunder nya sudah include atau kita input sendiri, seperti lokasi kantor pemerintah, sekolah, bank di sekitar, fasilitas publik dan jumlah penduduk?
Data sekunder berupa Point of Interest (POI) bisa dibantu oleh Esri Indonesia untuk di-provide.

 

Bagaimana cara sinkronisasi data tabular (database) dengan data spasial?
Untuk melakukan proses sinkornisasi data tabular dengan data spasial masing-masing tabel harus memiliki unique identifier yang selanjutnya akan dilakukan pada proses join table. Anda bisa juga menghubungkan database menjadi geodatabase, beberapa compatible RDBMS diantaranya adalah PostgreSQL, Oracle, SQL Server, dan SAP HANA. informasi lebih lengkapnya dapat mengakses link berikut: https://desktop.arcgis.com/en/arcmap/latest/manage-data/databases/dbms-support.htm 

 

Bagaimana Kebutuhan credits arcgis online setiap analisis data agar tidak overload?
Agar credits ArcGIS Online tidak overload sebelumnya kita harus melakukan proses planning analisis apa saja yang akan dilakukan, berapa kali, dan berapa besar data yang akan disimpan di dalam ArcGIS Online tersebut.
Sebagai gambaran lebih jelasnya, berikut merupakan panduan yang dapat anda akses untuk melakukan proses sizing credits di ArcGIS Online:

https://doc.arcgis.com/en/arcgis-online/administer/credits.htm#ESRI_SECTION1_709121D2C7694DCAB9B8592F36F7A5BA 


Apa perbedaan antara Network Optimization dan GWR?
Network Optimization dan Geographically Weighted Regression (GWR) adalah dua hal yang berbeda, untuk lebih jelasnya anda dapat mengakses link berikut:
Network Optimization: https://desktop.arcgis.com/en/arcmap/latest/extensions/network-analyst/algorithms-used-by-network-analyst.htm GWR :https://pro.arcgis.com/en/pro-app/tool-reference%20/spatial-statistics/how-geographicallyweightedregression-works.htm 

 

Bagaimana menampilkan update tanggal terbaru dari Dashboard untuk Indicator?
Dalam ArcGIS Dashboard biasanya tersedia keterangan kapan data tersebut di update, dalam setiap indikator pada tab General ada opsi untuk enable Last Update Text.

 

Saya pernah membuat Query data prov-desa tapi saat di upload ke survey123 xls-form saya mengalami “error code 499”, bagaimana cara mengatasinya?
Jika anda dapat melihat dokumentasi dari survey123 yang terdapat pada link berikut: https://doc.arcgis.com/en/survey123/desktop/create-surveys/troubleshootcreatesurveys.htm  sepertinya ada timeout untuk mengakses Survey123 API yang sudah anda buat sebelumnya. cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah untuk menunggu beberapa saat dan mengaksesnya kembali setelah beberapa jeda waktu. Jika error tersebut masih terjadi silahkan untuk dilaporkan di website berikut: https://community.esri.com/groups/survey123 

 

Apakah ada fitur alert atau notifikasi, apabila ada threshold yg terlampaui?
ArcGIS Operations Dashboard sendiri belum memiliki fitur built in untuk alert atau notifikasi, akan tetapi bisa di custom menggunakan Javascript atau Python.

 

Ikuti Webinar lainnya dari Esri Indonesia melalui website berikut:
https://esriindonesia.co.id/webinars 

Untuk mendapatkan materi video dari Webinar ini, silahkan akses link berikut:
https://www.youtube.com/watch?v=xsZwYREW0Ho&t=1s 

Outcomes