suriati07

Pembuatan Maket Digital dengan ArcGIS Pro

Blog Post created by suriati07 on Feb 14, 2018

Halo ArcNesian! Pada tulisan ini, ArcMin akan mengulas salah satu fungsi unggulan ArcGIS Pro yaitu pengeditan fitur 3D. Sedikit bercerita, ArcGIS Pro ialah sebuah perangkat lunak GIS Desktop yang merupakan generasi baru dari ArcMap. Apabila teman-teman merasa masih belum terbiasa dengan ArcGIS Pro, ada baiknya membaca tulisan tentang perkenalan ArcGIS Pro terlebih dahulu ya.

 

Salah satu yang menjadi perhatian di ArcGIS Pro ialah tampilannya yang dapat disajikan dari dua perspektif: 2D (Map) dan 3D (Scene) seperti yang terlihat pada Gambar 1. Kapabilitas ini bagaikan kombinasi dinamis dari kedua leluhurnya yaitu ArcMap dan ArcScene.

 

                  

                                                             Gambar 1. Perspektif 2D (kiri) dan 3D (kanan)

 

Tampilan dari dua sudut pandang dapat bermanfaat saat kita melakukan pengeditan fitur. Singkatnya, fitur yang diedit pada tampilan 2D akan berubah secara otomatis di tampilan 3D. Hal ini berguna sebab terdapat beberapa fitur yang lebih mudah diedit pada tampilan 2D.

 

Agar teman-teman ArcNesia lebih terbayang, mungkin lebih baik bila kita langsung ke contoh kasus. Salah satu permisalannya ialah pembuatan fitur pagar yang mengelilingi atap. Pekerjaan ini tentu lebih mudah diselesaikan di tampilan 2D dengan melakukan penelusuran (tracing) di bagian terluar (outline) fitur atap. Selanjutnya, kita tinggal memberikan informasi ketinggian yang diinginkan dan...voila! Pagar akan terbangun juga di  tampilan 3D (Gambar 2).

 

                   

                                                                      Gambar 2. Penambahan fitur pagar

 

Penambahan fitur lain juga dapat dilakukan dengan mudah. Yang perlu kita perhatikan hanyalah pendefinisian sistem referensi vertikal – baik di permukaan, relatif terhadap permukaan, atau tinggi mutlak. Pengaturan ini dapat dioperasikan di Menu Edit seperti yang ditunjukkan di Gambar 3.

 

                       

                                                           Gambar 3. Menu Edit  untuk pengaturan sumbu vertikal

 

Agar lebih menarik, Anda juga dapat mengganti simbol suatu fitur dengan model geometri 3D yang telah dibuat sebelumnya. Salah satu format yang dpat dibuka di ArcGIS Pro ialah format OpenFlight (.flt). Apabila semua elemen sudah ditambahkan dan dikustomisasi, maka terbentuklah sebuah maket yang lengkap dan siap untuk dipamerkan (Gambar 4).

 

                   

                                                                                Gambar 4. Maket 3D

 

Pembuatan maket tidak pernah semudah dan se-advance ini bukan? Baiklah, sampai jumpa di tulisan berikutnya!

 

by: Ajeng Salma Yarista

Outcomes